Resensi Buku "Mikrokontroler AVR ATmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR

IMG_20170915_180648.jpg 






















Halo teman-teman, kali ini saya akan memberikan resensi buku yang telah saya baca. buku ini saya dapatkan di Perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. jadi disimak ya teman-teman.



 
Judul Buku : Mikrokontroler AVR Atmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan bahasa C pada WinAVR
 
Penulis : Ardi Winoto
Penerbit : Informatika Bandung
Cetakan : Pertama, Juli 2008
Tebal Buku : XVIII + 260 Halaman
ISBN : 978 979 1153 43 0
 
Buku ini memaparkan tentang bagaimana cara belajar menggunakan dan mengoperasikan chip mikrokontroler buatan Atmel keluarga AVR (Alv Vegard & Risk) golongan Atmega khususnya Atmega8/16/32/8535 dengan menggunakan bahasa pemrograman yaitu bahasa C. Dalam buku ini terdapat 3 hal yang akan kita pelajari yaitu teori, tools, dan praktik. Dalam teori, kita akan dikenalkan dengan dasar-dasar bahasa C, hardware  chip, manejemen memori (flash ROM, SRAM, EEPROM), interupsi eksternal, timer/counter, generator, gelombang PWM, ADC, komparator analog, USART. Selain itu, dalam buku ini juga akan diulas tentang praktik-praktik mikrokontroler seperti pembahasan alat dan komponen untuk beberapa program aplikasi sederhana seperti switch, keypad, led, seven segment, motor DC kecil, LCD, sensor suhu, antarmuka Rs232 dan rangkaian pendukung seperti catu daya dan rangkaian downloader menggunakan beberapa alat seperti WinAVR dan downloader twinavr/avrdud SP-12
 
Dalam buku ini, terdapat 23 bab yang dimana dalam setiap babnya dijelaskan secara detail tentang teori maupun praktik dalam menggunakan Atmega yang merupakan mikrokontroller AVR. Chip mikrokontroler AVR ini memiliki banyak keunggulan, dikarenakan harga yang relatif terjangkau bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa. Selain itu juga chip mikrokontroller ini juga mudah didapatkan di pasaran, sehingga kita bisa dengan mudah mencari chip ini untuk kegiatan pembelajaran. Dalam buku ini, dijelaskan secara rinci dan urut tentang pemahaman mikrokontroler ATmega. Mulai dari sistem bilangan dan gerbang logika, dilanjutkan dengan materi bahasa pemrograman C yang lengkap, lalu dilengkapi dengan arsitektur hardware dan fungsi-fungsi dalam ATmega. Di dalamnya, dijelaskan langkah-langkah dalam membuat program-program menggunakan bahasa C pada WinAVR.
 
Keunggulan dari buku ini yaitu, buku ini sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal mikrokontroler karena pada buku ini diberikan pemaparan yang sangat detail, tetapi dengan bahasa yang mudah dipahami. Dalam buku ini juga dijelaskan secara lengkap tentang deskripsi hardware dan juga fungsi register pada mikrokontroler ATmega. Pembahasan dalam buku ini sangat mudah dipahami, kematangan dalam penguasaan teori tentang mikrokontroler, arsitektur hardware, serta penjelasan secara detail fungsi-fungsi sistem ATmega. Selain itu, dalam buku ini penulis sangat jeli dalam memerhatikan celah perbedaan platform. Dengan buku ini, kita akan dilatih agar tidak bergantung dalam satu platform compiler, tetapi lebih mengedepankan obyek programingnya, sehingga apapun platform compilernya, kita akan tetap bisa mengoperasikannya.
 
Kekurangan dari buku ini yaitu dalam penggunaan RS232 sebagai komunikasi serialnya, dikarenakan RS232 sudah dinilai ketinggalan zaman. Hal ini tentu aku menyulitkan kita dalam pengoperasiannya. Hal ini disebabkan serial RS232 sudah sangat jarang ditemukan sehingga akan menyulitkan kita dalam proses komunikasi dan proses downloading. Selain itu, kekurangan dari buku ini yaitu ada di pemaparan eksekusi program. Dalam buku ini, hanya dijelaskan contoh program dasar dan tidak menjelaskan contoh program lain seperti 1-wire, bluetooth, maupun ping. Selain itu, desain dan tampilan dari isi buku ini terkesan kaku, akan tetapi semua kekurangan dari buku ini dapat ditutupi oleh kualitas dari isi buku ini.
 
Buku ini sangat cocok dibaca oleh para pecinta mikrokontroler, terlebih bagi para pemula karena bahasa yang mudah dimengerti dan paparan yang cukup detail. Tetapi, bukan berarti buku ini tidak cocok untuk orang yang sudah ahil, karena dalam buku ini, dipaparkan secara jelas dan detail tentang pemrograman AVR sehingga bisa menambah wawasan baik untuk pemula, maupun untuk para ahli sekalipun.
 
Nah, jadi sekian postingan kali ini ya teman-teman. Bagi kalian yang menyukai buku-buku yang berbau mikrokontroler, patut dicoba ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Resensi Buku "Mikrokontroler AVR ATmega8/32/16/8535 dan Pemrogramannya dengan Bahasa C pada WinAVR"

  1. Sangat antusias membaca konten di blog teknodika. saya juga penulis di blog pendidikan Semoga materi nya semakin di update terus ya kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mas Bayo. Blog dari mas juga sangat menarik sekali

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel