Perbedaan WPF dan Windows Form Application pada Visual Studio



Halo sobat tekno, pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar untuk membuat sebuah aplikasi dengan WinForm atau Windows Form Application. Windows Form Application merupakan sebuah GUI Framework, yang artinya sebuah aplikasi yang dapat membantu anda membuat sebuah GUI (Graphical User Interface). Pada sistem ini, kita bisa membuat sebuah interface dengan menggunakan unsur grafik, seperti textbox, label, button, dan lainnya. Tapi tahukah kalian, ada jenis GUI lain yang dapat anda gunakan selain WinForm? Salah satu GUI Framework lainnya yang bisa anda gunakan yaitu WPF (Windows Presentation Foundation).

WPF bisa dikatakan sebagai GUI Framework yang cukup baru besutan dari Microsoft. Terdapat beberapa perbedaan yang bisa anda temukan antara WPF dan WinForm. Beberapa perbedaan yang anda bisa temukan pada kedua GUI Framework antara lain sebagai berikut.

Pembuatan Komponen GUI


Hal yang paling mendasar antara perbedaan WPF dan WinForm terletak ketika kita membuat suatu GUI seperti tombol, textbot, dan lainnya. Pada WinForm, bisa dikatakan aplikasi yang kita buat berada pada kontrol standar Windows. Dengan kata lain, pada WinForm komponen GUI yang kita gunakan masih terbatas pada standar kontrol Windows. Tidak heran, jika kita menggunakan WinForm, tampilan GUI yang kita buat cukup sederhana dan mirip seperti aplikasi-aplikasi bawaan Windows, mulai dari bentuk jendela, tombol, sampai textbox yang digunakan.

Lalu apa bedanya dengan WPF? Pada WPF bisa dikatakan kita memiliki kontrol lebih dalam pembuatan aplikasi kita. Dalam penggunaan WPF, kita lebih bebas mengkostumisasi komponen GUI yang kita gunakanm mulai dari bentuk, warna, style, bahkan sampai animasinya. Misal kita dapat membuat sebuah button dengan gaya modern, style dengan ide sendiri ataupun menggunakan bantuan pihak ketiga, semua bisa dilakukan jika anda memahami cara pembuatannya. Sedangkan pada WinForm kita cenderung terbatas, bentuk dari button masih mengikuti kontrol standar Windows. Bahkan jika kita membuat semenarik mungkin pun masih terasa kurang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut WPF dihadirkan untuk kita.

Proses Pembuatan Tampilan Aplikasi.

Jika pada WPF kita mengenal istilah form, dimana untuk membuat tampilan aplikasi kita dapat menggunakan toolbox yang telah disediakan. Pada toolbox tersebut, kita cukup melakuka drag and drop pada  komponen GUI yang ingin kita gunakan. Kita tidak memerlukan keahlian khusus seperti pemrograman XAML, dan CSS. Memang hal ini membuat poin lebih untuk WinForm di bidang kemudahan dan kepraktisannya. Bahkan untuk pemula sekalipun, menata tampilan di WinForm masih bisa dikatakan cukup mudah. Tapi kembali ke poin pertama, eksplorasi untuk membuat desain secara bebas masih terhalangi fitur-fitur yang ada.

Tampilan Pembuatan Aplikasi dengan WinForm

Berbeda dengan WinForm, kembali saya katakan WPF memiliki kebebasan. Sama seperti WinForm, WPF memiliki toolbox untuk membantu kita membuat tampilan aplikasi dengan sistem drag and drop. Namun ada 1 poin penting yang menjadikan WPF lebih unggul dibanding WinForm. Pada WPF, kita memiliki kontrol lebih dalam pembuatan tampilan GUI dengan fitur pemrograman XAML. Sebagai contoh untuk membuat sebuah button, jika di WinForm kita perlu drag button ke form. Pada WPF, selain menggunakan fitur tersebut, kita bisa membuat sintaks XAML untuk pembuatan button, mulai dari warna, nama, margin, semua bisa kita kustom dengan membuat sintaksnya di XAML. Jadi ini. Hanya saja, jika menggunakan WPF anda perlu memahami pemrograman XAML.

Tampilan Pembuatan Desain dengan WPF

Jadi hal tersebut merupakan kelemahan atau keleihan WPF? Tergantung perspektif kita memandangnya. Jika menekankan dalam segi kemudahan dan kepraktisan, itu mungkin menjadi kelemahan untuk WPF. Namun jika kita berkeinginan membuat suatu tampilan GUI yang lebih menarik, modern, responsive, dan kustom yang luas, maka itu menjadi keunggulan dari WPF,

Selain beberapa hal diatas, perbedaan selanjutnya bisa saya katakan dari segi resource pihak ketiga. Resource disini bisa saya katakan sederhanya seperti template dari pihak ketiga yang bisa membantu anda membuat aplikasi. Pada WinForm, resource yang bisa digunakan sudah sangat banyak entah yang gratis maupun yang berbayar. Sedangkan pada WPF karena masih terbilang baru, resource yang bisa anda dapatkan tidak sebanyak WinForm. Namun ini bisa menjadi peluang anda, jika mampu membuatnya maka kemungkinan anda bisa menjualnya dengan mudah. Namun jangan khawatir, sudah banya tutorial di platform youtube yang membahas cara pembuatan aplikasi dengan WPF.

Contoh aplikasi hasil pembuatan WinForm.


Sebagai contoh, tampilan aplikasi yang saya buat dibawah ini merupakan bentuk pengembangan aplikasi dengan WPF


Nah mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan, jika ada salah atau tambahan mungkin temen-temen bisa bantu koreksi di kolom komentar. Jika temen-temen banyak request tutorialnya, mungkin akan saya buatkan jika ada waktu. Terimakasih telah membaca dan jangan lupa share!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan WPF dan Windows Form Application pada Visual Studio"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel