Teknologi Yang Bisa Anda Buat Untuk Menangani Virus Corona (Covid-19)



Virus covid-19 atau biasa kita kenal dengan nama virus corona merupakan wabah yang sangat mengerikan sehingga menyebabkan krisis di seluruh dunia pada awal tahun 2020 saat ini. Hal yang menyebabkan virus ini sangat menakutkan adalah cara penularannya yang mudah dan juga belum ditemukannya vaksin untuk mengobati virus ini. 

Sebagai generasi milenial, tentu kita tidak bisa diam saja melihat keadaan dunia yang bisa dikatakan sedang sakit. Nah untuk itu saya memiliki beberapa ide teknologi yang mungkin bisa anda buat ataupun bahkan bisa dikembangkan sehingga walaupun sedikit, tapi mampu mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh virus ini. Berikut merupakan teknologi-teknologi sederhana yang bisa buat untuk menangani dampak virus corona versi teknodika.com.

1. Membuat Aplikasi Real-Time Penyebaran Virus Covid-19



Bagi kalian yang sudah mahir membuat aplikasi entah itu smartphone maupun komputer, anda bisa membuat aplikasi yang mampu memonitoring penyebaran virus covid-19 secara real-time. Untuk membuat aplikasi ini setidaknya anda mahir dalam pembuatan aplikasi di android, pemrograman cloud dan database. 

Anda bisa membuat aplikasi ini dengan memanfaatkan database yang tersedia entah itu data dari pemerintah, maupun data dari pihak ketiga yang terpercaya. Dengan membuat aplikasi ini, kita dapat mengetahui sebaran covid-19 sehingga kita dapat menghindari daerah-daerah yang memiliki persentase sebaran covid-19 yang cukup banyak. Untuk membuat aplikasi ini anda bisa memulai dengan membuat sebaran di daerah anda, entah itu kota, kabupaten, provinisi, bahkan sampai membuat versi nasional maupun globalnya. Tentu itu bukan merupakan hal yang mudah, tapi jika anda tidak memulai siapa yang tahu?

Sudah banyak beberapa orang yang membuat aplikasi ini mulai dari skala yang kecil sampai yang luas. Anda bisa berguru ke beberapa orang tersebut dengan melihat tutorial-tutorial yang sudah disebarkan di Internet.

2. Alat Penyemprotan Disinfektan Secara Otomatis



Alat ini mungkin bisa dikatakan sederhana dan mudah dibuat. Kita hanya perlu merancang sebuah sistem yang dapat mendeteksi objek untuk disemprot disinfektan. Misalnya kita dapat menggunakan sensor infrared yang dihubungkan dengan mikrokontroler dan nantinya mikrokontroler tersebut dapat mengaktfikan penyemprot entah megggunakan pompa maupun aktuator lainnya. Kita juga bisa menggunakan sensor lain misalnya sensor tekanan untuk objek skala besar. Bahkan, hanya dengan menggunakan timer pun dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan berbasis waktu pada waktu tertentu.

Hal ini tentu dapat meringankan pekerjaan kita, ketimbang harus menyempot manual secara rutin. Penyemprotan secara manual juga beresiko kita terpapar virus ini karena menimbulkan banyak interaksi dengan orang-orang.

3. Termometer Non-Contact Buatan Menggunakan Sensor Infrared



Termometer infrared banyak sekali digunakan pada masa pandemi ini untuk mengukur suhu tubuh yang merupakan salah satu indikator untuk mengetahui gejala covid-19. Mengingat harga dari termometer infrared yang dijual secara komersial sangat mahal, kita mungkin bisa membuat dengan versi homemade-nya dengan biaya pembuatan yang lebih murah. Kita hanya perlu membeli sebuah mikrokontroler, sensor suhu infrared, dan sebuah display entah itu LCD ataupun display device lainnya. Selain itu, keunggulan dari alat ini juga kita bisa menhubungkannya ke perangkat PC, ataupun database di internet yang dapat dijadikan referensi.

Tutorial dari pembuatan termometer ini sudah banyak kita dapat temukan di internet. Walaupun tingkat akurasi yang tidak terlalu tinggi, untuk skala rumahan mungkin sensor ini bisa diterapkan dengan baik. Dengan biaya yang lebih murah, kita dapat membuat termometer yang sedang langka ini.

4. Mesin Pencuci Tangan Non-Contact Otomatis



Salah satu cara untuk mengurangi dampak penyebaran covid-19 adalah dengan menerapkan pola hidup bersih dan selalu mencuci tangan secara rutin. Namun bagaimana jika anda menggunakan tempat pencuci tangan di fasilitas umum? tentu sedikit was-was mengingat objek yang harusnya steril menjadi objek yang paling banyak mendapatkan kontak dari orang-orang.

Membuat mesin pencuci tangan ini dapat mengurangi kontak kita dengan objek-objek yang sering disentuh orang lain, Membuat mesin ini cukup mudah, kita dapat menggunakan sensor untuk mendeteksi tangan kita sehingga saat ada objek di dekat keran air maupun sabun, maka air dan sabun akan keluar secara otomatis. Sensor yang digunakan bisa menggunakan sensor infrared, ultrasonik, atau sensor optik lainnya sebagai pendeteksi objek tangan kita.

Selain menggunakan elektronik, kita juga bisa memanfaatkan mekanik seperti membuka keran dan sabun dengan menginjaknya, Hal ini tentu dapat mengurangi kontak langsung dengan kita dan mengurangi dampak penyebaran virus corona.

5. Robot Perawat Pasien Covid-19



Teknologi kali ini mungkin cukup sulit dibuat dan hanya diperuntukan untuk rumah sakit ataupun instansi kesehatan lainnya. Robot perawat ini sudah dibuat oleh mahasiswa di ITS, namun tentu anda bisa melakukan pengembangan untuk memaksimalkan fungsi robot ini. Untuk mengurangi dan meminimalisir tenaga medis, kita dapat menciptakan sebuah robot yang bisa digunakan untuk perantara antara pasien dan perawat. Mengingat banyak kasus tenaga medis yang tertular covid-19 saat bekerja, robot ini bisa menjadi solusinya.

Robot ini dapat bekerja seperti mengantarkan makanan, obat-obatan, ataupun keperluan dari pasien. Robot perawat dapat berjalan sendiri ataupun dikontrol oleh user. Robot ini dapat dilengkapi kamera, monitor, speaker, sebagai sarana komunikasi antara pasien dan tenaga medis. Tertantang membuat robot ini? Tentu kita harus menyiapkan budget yang cukup besar mengingat banyak komponen yang diperlukan untuk robot ini.

6. Aplikasi Informasi Penanganan Covid-19



Selain membuat aplikasi penyebaran covid-19, kita bisa juga membuat aplikasi yang memuat informasi lainnya mengenai virus ini. Informasi yang dicakup dapat meliputi tips terhindar dari covid-19, prosedur ODP, dan PDP, ataupun informasi lainnya yang dapat membantu kita mengetahui hal-hal tentang virus ini. Mengingat informasi yang kadang simpang siur dan memiliki perbedaan, aplikasi ini bisa menjadi penyatu sehingga tidak membingungkan orang-orang.
Untuk pembuatan aplikasi ini cukup sederhana,

7. Drone Pengantar



Dengan maraknya social distancing dan lockdown di beberapa daerah, tentu menyebabkan beberapak fungsi logistik menjadi berkurang. Hal ini dikarenakan terjadi pembatasan yang mengakibatkan berkurangnya kegiatan transportasi yang ada. Menyikapi hal tersebut, kita bisa menggunakan drone untuk mengantarkan barang ataupun logistik lainnya. Hanya saja, kemampuan dari drone saat ini masih terbatas sehingga mungkin hanya bisa diterapkan di daerah dengan skala yang kecil.

Nah itu dia beberapa teknologi yang bisa anda buat dan kembangkan di masa pandemi covid-19 ini. Terimakasih telah membaca dan tetap jaga kondisi kesehatan anda. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknologi Yang Bisa Anda Buat Untuk Menangani Virus Corona (Covid-19)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel