Mengatur Tata Letak Gambar pada Gambar Teknik

Tata Letak dalam Menggambar

Tata letak gambar dalam melakukan gambar teknik sangat diperlukan untuk membuat objek gambar lebih teratur sehingga dapat mengikuti aturan dan konsep yang berlaku. Dalam gambar teknik, kita perlu memerhatikan tata letak dari objek yang kita gambar. Beberapa aspek dari tata letak gambar seperti ukuran bidang gambar, ukuran gambar, dan batas tepi gambar.

Ukuran Bidang Gambar

Bidang gambar merupakan sebuah area yang dapat kita gunakan untuk menggambar suatu objek. Jika kita ingin menggambar suatu objek, maka kita harus menempatkannya pada bidang gambar. Secara umum, bidang gambar merupakan area bidang kertas dikurangi batas tepi gambar dan kepala gambar (etiket). Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar di bawah bagian yang terarsir.
Gambar 1. Bidang Gambar Mode Landscape

Ukuran dari bidang gambar sendiri bervariasi sesuai dengan ukuran kertas, batas tepi gambar, dan kepala gambar. Dalam pembelajaran kali ini, kita akan berfokus pada ukuran kertas A4 dengan kepala lebar gambar (etiket) 28 mm. Berikut merupakan rumus dalam menentukan ukuran bidang gambar. 

Mode Landscape
Panjang bidang = panjang bidang kertas – batas tepi kanan – batas tepi kiri
Lebar bidang = lebar bidang kertas – batas tepi atas – batas tepi bawah – lebar etiket

Mode Portrait
Panjang bidang = panjang bidang kertas – batas tepi kanan – batas tepi kiri – lebar etiket
Lebar bidang = lebar bidang kertas – batas tepi atas – batas tepi bawah 

Sebagai contoh kita menggunakan kertas A4 dengan mode landscape dengan lebar etiket 48 mm. Maka dapat diketahui panjang dan lebar bidang gambar seperti berikut:
Panjang bidang = panjang bidang kertas – batas tepi kanan – batas tepi kiri
p = 297 mm – 20 mm – 5 mm
p = 272 mm

Lebar bidang = lebar bidang kertas – batas tepi atas – batas tepi bawah – lebar etiket
l = 210 mm – 5 mm – 5 mm – 28 mm
l = 172 mm
Sehingga dapat ditentukan ukuran bidang gambar dari kertas A4 adalah 272 x 172 mm. Angka ini bisa kita hafalkan agar tidak perlu menghitung kembali ukuran bidang gambar.

Perhitungan ukuran bidang gambar untuk ukuran kertas dan batas tepi dapat mengikuti ISO (International Standardization for Organization) dan NNI (Nederland Normalisatie Instituet). Pada tabel di bawah ditetapkan ukuran batas tepi bawah, tepi atas dan tepi kanan (diwakili kolom C) sedangkan tepi kiri untuk setiap ukuran kertas gambar ditetapkan 20 mm. Penetapan jarak ini dimaksudkan untuk memberikan jarak sehingga jika kertas gambar dibundel tidak akan mengganggu gambarnya.
Gambar 2. Ukuran kertas dan batas tepi menurut ISO
(Sumber: Buku Teks Bahan Ajar Siswa: Gambar Teknik)

Syarat Gambar yang Baik

Gambar yang baik dalam gambar teknik adalah gambar yang memperhatikan ukuran maupun posisi dari objek gambar tersebut. Ukuran objek gambar yang baik biasanya berukuran ¾ dari ukuran bidang gambar. Sebagai contoh, kita menggunakan ukuran kertas A4 bermode landscape yang memiliki bidang gambar 272 x 172 mm. Kita hendak menggambar sebuah objek persegi panjang yang akan ditempatkan pada bidang gambar tersebut. Sehingga dapat ditentukan ukuran objek persegi panjang yang baik adalah sebagai berikut.
Panjang objek = ¾ x panjang bidang
Panjang objek = ¾ x 272 mm
Panjang objek = 204 mm
Lebar objek = ¾ x lebar bidang
Lebar objek = ¾ x 172 mm
Lebar objek = 129 mm
Maka dapat diketahui penggambaran ukuran objek persegi panjang yang baik yaitu 204x129 mm.

Selain ukuran dari objek gambar, kita juga perlu memerhatikan posisi dari objek tersebut. Posisi objek gambar yang baik yaitu berada di tengah bidang gambar. Untuk mendapatkan posisi tengah gambar, kita dapat mengurangi ukuran bidang gambar dengan objek gambar. Hasil pengurangan tersebut dibagi 2 sehingga kita bisa menemukan jarak batas tepi terhadap objek gambar. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat rumus di bawah.
Gambar 3. Menentukan Posisi Objek Gambar


Jika diketahui a merupakan jarak dari batas tepi samping terhadap objek, dan b merupakan jarak dari batas tepi atas terhadap objek. Maka jarak a dan b yaitu sebagai berikut:

a =  (panjang bidang menggambar – panjang objek gambar)/2  
b =  (lebar bidang menggambar – lebar objek gambar)/2

Sebagai contoh, jika ukuran kertas pada gambar di atas yaitu A4, maka kita ketahui memiliki ukuran bidang gambar 272 x 172 mm (baca kembali bagian ukuran bidang gambar). Kita ibaratkan ukuran objek gambar yaitu 200 x 80 mm. Maka dapat diketahui nilai a dan b yaitu sebagai berikut:

a =  (panjang bidang menggambar – panjang objek gambar)/2
a =  (272 mm – 200 mm)/2
a = 36 mm

b =  (lebar bidang menggambar – lebar objek gambar)/2
b =  (172 mm – 80 mm)/2
b = 46 mm

Jadi dapat diketahui jarak objek terhadap batas sisi samping (a) adalah 36 mm dan terhadap batas sisi atas (b) adalah 46 mm.

Berikut merupakan materi singkat tentang pengaturan tata letak dari Gambar Teknik. Terimakasih telah membaca.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Mengatur Tata Letak Gambar pada Gambar Teknik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel