Meningkatkan Produktivitas Pertanian dengan Sistem Kontrol Penyiraman Tanaman Otomatis - Indusoft Web Studio Modbus RTU

Apa yang kita pikirkan ketika pertama kali mendengar kata menyiram? Terbenak di pikiran kita mungkin salah satu kegiatan seperti menyiram tamanan dimana kita menggunakan sebuah ceret biru seperti di salah satu game Harvest Moon. Tapi tahukah kalian, di era modern ini hampir jarang sekali kita temukan metode penyiraman secara manual. Mungkin beberapa orang masih sering menggunakan metode manual untuk menyiram tanamannya di rumah, terkesan klasik dan aesthetic. Tapi tentu tidak begitu dengan penyiraman secara konvensional.

Dalam industri maupun usaha pertanian besar, luas lahan bisa berhektar-hektar. Terbayang tidak, jika anda memiliki kebun yang luas dan perlu disiram secara berkala. Hampir semua kegiatan tersebut berjalan secara otomatis, ataupun dengan bantuan mesin. Dengan bantuan mesin, pekerjaan kita akan lebih efektif dan efisien.

Kita ketahui, negara kita melakukan negara agraris, dimana sektor pertanian dan perkebunan menjadi salah satu komoditas untuk menambah pemasukan negara. Coba bayangkan, dengan daerah yang sangat luas dan iklim yang sangat sesuai, Indonesia dapat memaksimalkan keunggulan di sektor pertanian dan perkebunan. Tentu kita dapat menjadi salah satu negara dengan penghasil pertanian dan perkebunan terbaik 

Salah satu faktor mengapa kita tidak dapat memaksimalkan keunggulan kita adalah penggunaan teknologi. Sebagai contoh, penggunaan sistem penyiraman tanaman secara otomatis ini. Jika ini diterapkan di semua sektor pertanian dan perkebunan, tentu dapat meningkatkan produktivitas.

Nah seperti apa sih contoh kontrol penyiraman otomatis? Mungkin kalian bisa lihat pada video di bawah ini. 



Contoh kecil sistem ini adalah dengan menggunakan 3 elemen. Sensor, kontrol, dan aktuator. Seperti di dalam video, saya menggunakan sensor kelembaban tanah sebagai pengukur tingkat kelembaban tanah. Ketika kelembaban dirasa cukup rendah, makan kita bisa mengatur agar sistem melakukan penyiraman. Selain sensor, kita juga perlu memiliki sebuah sistem kontrol. Kontrol disini kita bisa menggunakan mulai dari yang terkecil yaitu mikrokontroler, PLC, hingga sistem komputer. 

Untuk sistem antarmuka sebagai perantara antara user dan mesin, kita bisa menggunakan banyak sekali software. Software yang saya gunakan kali ini yaitu Indusoft Web Studio (IWS) sebagai antarmuka kontrol. Untuk aktuator, kita bisa menyesuaikan seperti pompa, ataupun katup keran.

Dengan menggunakan sistem ini, diharapkan kita bisa memaksimalkan potensi pertanian dan perkebunan kita sehingga produktivitas akan semakin meningkat. 

Jika kalian ingin tahu cara membuat sistem kontrol penyiraman ini, silahkan komen dibawah ya. Next saya akan buatkan tutorialnya mulai dari hardware, software, koneksi, hingga database.

Terimakasih telah membaca, jangan lupa share ya teman-teman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Meningkatkan Produktivitas Pertanian dengan Sistem Kontrol Penyiraman Tanaman Otomatis - Indusoft Web Studio Modbus RTU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel